POTENSI KONFLIK SUNNI-SYIAH !

POTENSI KONFLIK SUNNI-SYIAH DI KOTA MALANG JATIM!

Konflik antara Sunni dan Syiah di Indonesia kian hari kian memanas dan terbuka. Konflik tersebut disebabkan oleh perbedaan prinsip akhlaq dan akidah kedua kelompok. Di antara perbedaan yang mencolok diantara kedua kubu tersebut adalah, Sunni (Ahlussunnah) memuliakan para Sahabat Nabi khususnya Khalifah Abu Bakar dan Khalifah Umar, karena merekalah yang berjuang membantu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam serta menyebarkan Islam ke berbagai penjuru dunia, dan merekalah yang mewariskan dari Nabi i al-Quran dan al-Sunnah kepada kita, hingga al-quran yang ada di dunia ini disebut Mushhaf Usmani . Adapun Syiah sangat membenci para Sahabat Nabi, khususnya Abu Bakar dan Umar yang mereka sebut sebagai setan dan berhala, syiah mencela mereka, bahkan hingga pada tingkat pengkafiran secara terang-terangan.

Maka dari itu timbullah pertanyaan, Mungkinkah konflik Sunni dan Syiah terjadi di malang…???

Jawabannya : Mungkin..kenapa kami katakan mungkin terjadi?, karena di malang kelompok Syi’ah sudah mempunyai suatu komunitas dan itu dengan berjalannya waktu akan selalu berkembang. apabila masyarakat Ahlus Sunnah baik itu dari organisasi dan Ormas Islam seperti : Nahdatul ‘Ulama (NU), Muhammmadiyah, Persis, Al-Irsyad, dan lain sebagainya yang tidak ada usaha untuk membendung pergerakan dan aktivitas mereka, maka cepat atau lambat akan terjadi bentrok antara Sunni dengan Syiah.

Cepat dan lambatnya konflik ini atau besar kecilnya konflik ini bergantung pada keadaan:

  1. Bentrok akan cepat terjadi, apabila masyarakat Sunni (Ahlus Sunnah) Malang khususnya di sekitar komunitas syiah sudah memahami tentang kesesatan dan penyimpangan Syiah, khususnya yang telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim dan Peraturan Gubernur (Pergub) Jatim no 55/2012, maka konflik akan cepat terjadi. Ini mengaca kepada kejadian demi kejadian yang terjadi di jawa timur khususnya, seperti : Kejadian di Sampang Madura (yaitu kasus Tajul Muluk), Puger (Jember) dan kasus yang lainnya, konflik itu terjadi setelah ahlussunnah mengetahui kesesatan syiah, bukti kebogongannya dan melanggar perjanjian-perjanjian.

  2. Bentrok akan lambat atau tertunda terjadi, apabila masyarakat Sunni (Ahlus Sunnah) belum memahami tentang kesesatan dan penyimpangan Syiah, lalu syiah berkembang di masyarakat atau masyarakat sunni tidak menolak orang syiah memperluas daerah pemukiman atau perumahan mereka, dan tidak menolak kehadiran dan dakwah syiah, maka bentrokan yang dikhawatirkan terjadi mungkin akan tertunda sementara waktu, akan tetapi dengan berjalannya waktu bisa saja akan terjadi bentrokan yang lebih besar, sebab komunitas syiah sudah besar dan agresif serta menakutkan.

Berikut ini hasil dari investigasi sementara TIM PAS (pecinta ahlulbait dan sahabat) terkait dengan aktivitas Yayasan maupun Lembaga Pendidikan milik Syiah yang ada di Malang:

DATA SYIAH MALANG

Yang kami maksud di sini adalah lembaga syiah atau yayasannya sebagai pusat aktifitas mereka. Nama-nama yayasan Syiah Malang yang disebutkan di dalam buku Panduan MUI Pusat “Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan SYIAH di Indonesia”, ada 3, yaitu :

  1. Yayasan Al-Kautsar

  2. Yayasan pendidikan al-Islam Malang (YAPISMA)

  3. Yayasan Az-zahra

Keterangan : Alamat yayasan tidak dicantumkan.

Setelah kami mencari-cari info dari website maupun media lainnya kami mendapatkan alamat ketiga yayasan tersebut dari moeslemsunnah.wordpress.com dan beberapa sumber lainnya, yaitu :

  1. Yayasan Al-Kautsar : Jl. Arif Margono 23 A, Malang – Jawa Timur1

  2. YAPISMA : Jl. Pulosari I/30, Blimbing, Malang – Jawa Timur

  3. Yayasan Az-zahra : Sidomulyo II No.38, Bululawang, Malang – Jawa Timur

Dari hasil investigasi :

  1. Untuk Yayasan Al-Kautsar yang beralamatkan : di Jl. Arif Margono 23A, itu ternyata tidak ada, dan sekarang menjadi TOKO MB CELULER.

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_5b14ffa0

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_1033204

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_3781c43e

Tetapi disini juga ada yang ganjil, yang tertera di Papan Nama yaitu JL. Arif Margono No. 27 sedangkan yang tertera di dinding adalah No. 23 A.

Yayasan Al-Kautsar ini ternyata memiliki penerbit, yang telah menerbitkan karya Husain al-Habsyi pendiri YAPI Bangil antara lain:

  1. Sunnah-Syiah Dalam Ukhuwwah Islamiyyah (232 halaman, cetakan I tahun 1991, cetakan II tahun 1992),

  2. Agar Tidak Terjadi Fitnah Menjawab Kemusykilan-Kemusykilan Kitab Syiah dan Ajarannya (123 halaman, 1993), buku ini merupakan jawaban Husein al-Habsyi atas beberapa kemusykilan yang diajukan oleh seorang mahasiswa Universitas Brawijaya Malang dari hasil kajiannya tentang kitab al-Kafi tulisan al-Kulaini. Kupasan tentang dua buku ini bisa Anda baca dalam buku yang berjudul Islam Syiah karya Drs. Fadli Su’ud Jafri., M.Ag. terbitan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Press, I/2010 di halaman 86-91, 95-97.

  3. Nabi Bermuka Manis Tidak Bermuka Masam. Di samping itu penerbit Yayasan al-Kautsar Malang juga menerbitkan buku-buku lainnya seperti: Dasar-Dasar Hukum Islam, karya Muhsin Labib (tokoh Syiah yang sangat menghina MUI Jawatimur karena Fatawanya tentang syiah sebagai aliran sesat).2

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_5b23b490

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_f5010e3

  1. Untuk YAPISMA (Yayasan pendidikan al-islam malang, mirip dengan nama YAPI (yayasan pesantren Islam di bangil) yang beralamatkan : di Jl. Pulosari I/30, Blimbing, Malang benar adanya3, yang mana Lembaga pendidikannya bernama Pendidikan Islam Al-AZHAR. Yang mana lembaga pendidikan islam Al-Azhar ini membawahi beberapa sub. Pendidikan yang bertempat di dalam satu komplek, yaitu :

1). Kelompok Bermain

2). TK (Taman Kanak-kanak)

3). Sekolah Dasar Islam Plus

4). Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Selain itu penting juga untuk diketahui Pimpinan YAPISMA Malang ini adalah Letkol Laut (P) Drs. H. Choiron Yusuf 3 yang sudah lama menjadi aktivis Syiah.

 Konflik antara Sunni dan Syiah_html_ae6c267eKonflik antara Sunni dan Syiah_html_eacf123c

Gmbr. Papan Nama

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_2b61ab37Konflik antara Sunni dan Syiah_html_ccda15ad

Gmbr. Pintu Gerbang Gmbr. Bangunan kelas

  1. Untuk Yayasan Az-Zahra yang beralamatkan: di Sidomulyo II No. 38 Bululawang, Malang ternyata sudah tidak ada dan tidak diketahui keberadaanya. Di sini terdapat keganjilan, dari hasil di lapangan keberadaan Sidomulyo II No. 38 itu tidak ada rumah atau yayasan (kantor) yang bernomer 38. Akhirnya kita mencari info dan bertanya kepada warga sekitar. Info yang kita dapat dari warga bahwasanya :

  • Memang benar dulu ada Yayasan yang bernama Az-Zahra berada di gang tersebut, tetapi sudah pindah sekitar tahun 90an

  • Disana mereka melakukan sistem kontrak dan berada disana sekitar 8 tahunan

  • Masyarakat hanya tahu semacam Pondok Pesantren (PONPES)

  • Santri membawa sendiri (bukan dari warga sekitar), yang mana mayoritas santri tersebut berasal dari MADURA

  • Menurut masyarakat kegiatannya tertutup, sehingga masyarakat kurang mengerti kegiatan atau aktivitasnya

  • Dan sekarang rumah tersebut menjadi TPQ Al-Izzah yang dikelola oleh anak keturunan yang punya rumah.

YAYASAN PELITA HIDAYAH4

Yayasan ini tidak disebut oleh buku MUI. Justru Yayasan ini yang paling agresif, dengan membawahi 3 sekolah yaitu TK Plus Al-kautsar, SD Al-kautsar, dan SMP Al-kautsar dengan alamat yang berbeda-beda (tidak satu komplek) selain itu juga Yayasan ini mempunyai Perumahan (Real Estate) yang cukup mewah berada dikawasan Pandanwangi yang bernama GRAHA PELITA ASRI. Dan penting diketahui juga bahwasanya Pimpinan Yayasan Pelita Hidayah ini adalah Ustadz ZAHIR YAHYA yang mana dia adalah seorang Ustadz Syiah mantan Pemimpin pesantren YAPI Bangil (almamater Tajul Muluk tokoh Syiah Sampang yang divonis oleh Pengadilin Tinggi Surabaya 4 tahun penjara karena terbukti menodai agama Islam, dan dikukuhkan MA). Ustadz Zahir Yahya ternyata juga menantu Pendiri YAPI Bangil (Habib HUSEIN AL HABSYI). Menurut suatu sumber, dia meninggalkan YAPI Bangil dan pindah ke Malang setelah ada konflik kepengurusan terhadap Pesantren YAPI Bangil antara anak-anak Habib Husen al-Habsyi dengan anak menantunya ini. Wallahu a’lam.

Artinya, kalau lulusan Yapi saja semisal Tajul Muluk bisa menyebabkan konflik berdarah Sampang, maka mantan Pimpinan Yapi ini tentu lebih hebat dari pada Tajul Muluk, dan potensi untuk konflik sepertinya lebih besar lagi di masa yang akan datang.

Dan dibawah ini beberapa Lembaga Pendidikan yang berada di bawah binaan Yayasan Pelita Hidayah ini:

  1. Nama : TK Plus Al-kautsar

Alamat : Jl. LA Sucipto No. 99

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_32adaebc

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_93a58242

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_70699d8a

  1. Nama : SD Plus Al-Kautsar

Alamat : Jl. Simpang LA.Sucipto 22/338, Malang 65125 (Sekolah ini terletak di dalam Komplek perumahan GRAHA PELITA ASRI.

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_c2826f9f

  1. Nama : SMP Plus Al-Kautsar

Alamat : Jl. Lingkar Blimbing Indah (LBI) No. 2-7 Araya Malang

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_d2f19507Konflik antara Sunni dan Syiah_html_14b605ffKonflik antara Sunni dan Syiah_html_5b05ce23

Dan yang terbaru, tersiar kabar bahwa mereka pada tahun 2015 akan mendirikan sekolah jurusan penerbangan yang langsung ditangani dari Iran!.

Jika info ini benar, tentunya ancaman Syiah terhadap umat Islam Indonesia yang ahlussunnah ini sangat serius, khususnya jika kita melihat sepak terjang Syiah luar negeri terhadap ahlussunnah, sementara akidah Syiah di Indonesia sama dengan Syiah luar negeri, dan loyalitas mereka kepada Syiah Luar negeri sudah jelas dan nyata. Maka buku panduan MUI ini sangat penting, dan mendukung langkah-langkah MUI dan pemerintah khususnya pemerintah Jawa Timur melalui Pergub no. 55 adalah suatu kewajiban.

  1. PERUMAHAN GRAHA PELITA ASRI

Dari info yang kita dapat perumahan ini memiliki 3 blok yaitu : Blok A, blok B, dan blok C. Blok A dan C penghuninya campur antara sunni dan Syiah, secara umum jumlah Syiah di perumahan syiah ini adalah 30 %.

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_7c41d5bc

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_b25eac5b

Gmbr. Pintu masuk perumahan

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_21d6fab3

Gmbr. Musholla Muhajirin (Musholla perumahan) yang terletak didepan perumahan

Kabar terbaru di akhir bulan April 2014 kemarin, Pengembang perumahan ini berencana mau memperluas perumahan dengan membangun perumahan sebanyak 10 Unit yang diperuntukan untuk kalangan mereka sendiri alias khusus Syiah. Usut punya usust ternyata sebagai penampungan Syiah dari Jember, dari daerah konflik sunnah –syiah yang lalu. Akan tetapi pembangunan ini tidak mendapat izin dari warga yang tinggal di perumahan tersebut termasuk tanpa Izin Ketua RT dan RW setempat. Tetapi meskipun mendapat pertentangan dari warga mereka masih tetap bersikukuh untuk membangun perumahan yang 10 unit tersebut, salah satunya dengan cara menjebol pagar perumahan.

Menurut warga, syiah disinyalir telah memecah belah warga dan mengadu domba sesame ahlussunnah. Bahkan katanya mereka mengancam jika warga terus protes.

Inilah potensi konflik yang terpendam dan menanti peletusannya di Malang bagaikan menanti bom waktu yang terus mengahntui dan mengancam ahlussunnah Malang, khususnya warga sekitar perumahan.

Supaya tidak terjadi konflik, dakwah syiah wajib dihentikan di tengah masyarakat sunni, dan tidak boleh diberi kesempatan berkembang, sebagai amanah dari fatwa MUI dan Pergub Jawatimur no. 55 tahun 2012.

Nantikan makalah berikutnya: “bukti baru, video ritual Syiah Malang”!

Untuk lebih lanjut bisa di lihat sebagai referensi :

(TIM PAS)

1 http://www.nuaim.com/95/06/10-yayasan-al-kautsar-yayasan-malang.htm

2 Juga menerbitkan “60 Hadis Keutamaan Ahlul Bait, karya Imam Jalaluddin al-Suyuti al-Syafi’i.

Konflik antara Sunni dan Syiah_html_241dc57f

4 http://halomalang.com/peta-malang/detail/sd-plus-al-kautsar

Alamat: Jl Simpang Laksda Adi Sucipto 22/338, Pandanwangi, Blimbing Malang
Telepon: 0341-403079
Website: sdplusalkautsar.sch.id
Email: info@sdplusalkautsar.sch.id
Facebook: Sd Plus Al-Kautsar Malang
SMS Center: 0857 3296 9090

http://www.muhibbuzzahra.com/pergerakan-syiah-di-indonesia/http://sdplusalkautsar.sch.id/

(Visited 1 visits today)

Leave a Reply

*