Yang bertanya-tanya tentang peran Saudi terhadap pengungsi Suriah……

“Lebih dari 500,000 warga Suriah telah masuk Saudi sejak meletusnya revolusi di Suriah, sejak Lima tahun lalu hingga sekarang. Tapi mereka tidak disebut dan diperlakukan sebagai pengungsi, karena diberikan iqomah (izin tinggal dan kerja).

Sebelum tahun 2011, warga Suriah yang tinggal di Saudi berjumlah 250,000 jiwa. Kini pada tahun 2015 berjumlah 750,000 jiwa. Plus ada 100,000 pelajar Suriah yang diizinkan bergabung di sekolah2 Saudi secara gratis. Ditambah lagi kemudahan bagi warga Suriah yang mukim di Saudi mendatangkan keluarganya ke Saudi.”

Catatan:

Kebijakan ini sudah dilakukan sejak awal krisis Suriah, jauh sebelum eropa teriak2 menampung pengungsi Suriah. Dan cara yang sama juga diberlakukan kepada warga negara yang mengalami kondisi serupa, seperti warga Palestina dan Burma. Itu belum termasuk bantuan dana langsung ke beberapa kamp pengungsi spt di Yordania dan Lebanon.

Jadi, di Saudi memang tidak ada kamp pengungsi Palestina atau Suriah…. Karena mereka diperlakukan lebih dari sekedar pengungsi…..Wallahu a’lam

(Visited 1 visits today)

Leave a Reply

*