PASUKAN KEADILAN MENEWASKAN 10 TENTARA IRAN

Jaisy al-Adl (Pasukan Keadilan) adalah satu kelompok oposisi Iran yang Sunni di Sistan dan Blochestan. Kelompok ini mulai kegiatannya beberapa bulan setelah dieksekusinya Abdul Malik Rigi, pemimpin Jundallah sebuah gerakan suku Balusyistan, setelah penangkapannya saat melakukan perjalanan ke Kirgizstan melalui memaksaan pesawat untuk mendarat di Bandar Abbas di bagian selatan negeri itu.


Tentara Keadilan ini mengatakan bahwa “ia berperang melawan pasukan Iran untuk mengembalikan hak-hak kaum Sunni di negara itu dan menuduh pemerintah Iran tengah menerapkan rencana sektarianismenya di wilayah itu dan juga di seluruh daerah yang dihuni oleh kaum Sunni.”

Komandan pasukan keadilan ini adalah Abdul Rahim Mollazadeh, mengeluarkan pernyataan sebagai “Shalah al-Din Farooqi,” lahir pada tahun 1979 di kota Rasik dari provinsi Baluchistan. Ia dianggap sebagai salah satu basis perlawanan paling menonjol di Balochistan, dan merupakan bagian dari Jundallah, yang didirikan oleh Abdul Malik Rigi.

Pasukan keadilan ini telah berulang kali melakukan aksi penyerangan kepada pasukan Iran, dan yang paling akhir adalah tanggal 26 april 2017 yang menewaskan 10 tentara Garda Revolusi Iran termasuk perwira tinggi, dan menawan satu perwira lagi.

Pernah dulu di TV al-Jezeerah, pendiri Rabithah Ahlussunnah di Iran Abdurrahim Mullazadah al-Balusyi menjelaskan bahwa serangan-serangan seperti ini adalah sebagai pesan kepada garda revolusi Iran agar menghentikan politik penindasannya dan politik mengubah demografi dengan cara mengusir penduduk Balusyi dari tanahnya, dan mengisyaratkan bahwa sepertiga penduduk Iran adalah Ahlussunnah, namun tertindas dalam rezim sectarian ini.

Silakan tonton oprasi pasukan Keadilan yang menewaskan 10 tentara Iran:

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.